Senin, 16 Maret 2015

Cara Membuat file APK di Eclipse

Ketika semua proses pemrograman sudah selesai, testing Aplikas iOK, maka langkah selanjutnya adalah membuat file APK. Apk merupakan kependekan dari Android Package. Untuk membuat APK di eclipse, kita harus membuat Keystore terlebih dahulu.Keystore ini semacam tanda tangan digital pembuat aplikasi. Makanya untuk bagian ini saya bagi dua. Bagian pembuatan aplikasi pertama kali, dan bagian pembuatan aplikasi dengan keystore. Pembuatan keystore ini cukup dibuat sekali seumur hidup. Selalu simpan keystore ditempat yang aman dan selau ingat password keystore tersebut.
Keystore yang sudah kita buat, bisa dipakai bekali kali, bahkan untuk pembuatan aplikasi yang lain pun bisa. Maka usahakan buat keystore dengan nama anda atau perusahaan anda. Setiap pembuatan aplikasi baru gunakan key tersebut.

Pembuatan APK pertama kali

Pastikan anda sudah di eclipse dan membuka proyek android yang ingin dibuatkan APknya, sekarang masuk ke menu File-> Export ... Pada jendela yang muncul, pilih Android | Export Android Aplication.
Export android, langkah pertama
Export android, langkah pertama
Pilihlah Android -> Export Android Aplication
Export langkah kedua, pilih proyek
Export langkah kedua, pilih proyek
Pilih nama proyeknya, secara default akan teriisi dengan nama proyek yang aktif.
Buat Key
Buat Key
Create new key, agar aplikasi bisa dipublikasikan di playstore atau diinstall di smartphone, maka kita harus membuat key terlebih dahulu. Ingat, Key ini harus selalu disimpan untuk pembuatan versi aplikasi selanjutnya.  Sebagai contoh, nama key yang saya buat adalah candralabstudio.key. file ini jangan sampai hilang dan jangan sampai lupa passwordnya. Jika anda kehilangan key ini,maka anda tidak bisa mengupdate versi terbaru aplikasi di Google playstore.
Isi informasi tentang si pembuat key
Isi informasi tentang si pembuat key
Isikan informasi Alias, pasword, confirm password dan validity (minimal 25 tahun). Sedangkan Form bagian kedua, cukup isikan pada kolom first name dan Lastname.Biar mudah, samakan password di sini dengan password di jendela sebelumnya.
Finish
Finish
Pada bagian ini, silahkan pilih folder untuk menyimpan file apknya. Pada contoh diatas, saya menyimpannya di D:\adt\. Langkah selesai!

Pembuatan APK untuk kedua kali dan seterusnya

Pembuatan APK selanjutnya , langkahnya tidak sepanjang diatas. Karena kita sudah membuat keystore, maka pembuatan apk selanjutnya cukup menggunakan keystore diatas. Langkah yang berbeda ada pada bagian Keystore selection dan keystore Creation. Pada bagian keystore selection, pilihlah Use existing keystore. jendela bagian keystore creation diganti menjadi Key alias selection. Jelasnya lihat pada screenshot dibawah ini.
Reuse key
Reuse key, gunakan key yang suda ada, tidak perlu buat lagi.
Key Alias selection
Key Alias selection
Langkah selanjutnya sama dengan pembuatan apk dibagian pertama artikel ini. Gampang kan? Artikel selanjutnya akan saya bahas bagaimana cara menginstall dan mendistribusikan apk secara manual tanpa di publish di Googl Play store.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar