Senin, 16 Maret 2015

Android

Aplikasi Android Sederhana – Menghitung Luas Persegi Panjang


Alhamdulillah akhirnya jadi juga aplikasi android pertama saya, aplikasi android yang sederhana. yang fungsinya untuk menghitung luas persegi panjang. dan saya coba buat langkah-langkahnya menjadi sebuah tutorial.
Bagi yang ingin mengetahui cara pembuatannya, berikut langkah-langkah yang dilakukan :
1. Jalankan Eclipse (sebaiknya gunakan versi 3.5 Galileo)
2. Buat  new Project, lalau Pilih Android Project

3. Isi Keterangan-keterangan Project Seperti dibawah ini

Pada saat project pertama kali dibuat ada 3 file penting yang langsung dibuat, yaitu
  • main.xml
  • string.xml
  • HitungPersegiPanjang.java

Pada saat project pertama kali dibuat ada 3 file penting yang langsung dibuat, yaitu
  • main.xml
  • string.xml
  • HitungPersegiPanjang.java
4. edit file main.xml
main.xml adalah digunakan untuk menggambar layout dan user interface di android, dengan menggunakan format bahasa xml
Pada file main.xml ketikkan script dibawah ini
01<?xml version="1.0" encoding="utf-8"?>
02<LinearLayout xmlns:android="http://schemas.android.com/apk/res/android"
03    android:orientation="vertical"
04    android:layout_width="fill_parent"
05    android:layout_height="fill_parent"
06    >
07 
08<TextView
09    android:layout_width="fill_parent"
10    android:layout_height="wrap_content"
11    android:text="@string/hello"
12    />
13<TextView android:text="Panjang :" android:id="@+id/TextView01" android:layout_width="wrap_content" android:layout_height="wrap_content"></TextView>
14<EditText android:text="" android:id="@+id/txtPanjang" android:layout_width="fill_parent" android:layout_height="wrap_content" android:inputType="numberSigned|numberDecimal"></EditText>
15 
16<TextView android:text="Lebar :" android:id="@+id/TextView02" android:layout_width="wrap_content" android:layout_height="wrap_content"></TextView>
17<EditText android:text="" android:id="@+id/txtLebar" android:layout_width="fill_parent" android:layout_height="wrap_content" android:inputType="numberSigned|numberDecimal"></EditText>
18<Button android:text="Hitung Luas" android:id="@+id/btnHitung" android:layout_width="fill_parent" android:layout_height="wrap_content" android:onClick="hitungLuas"></Button>
19<TextView android:text="Luas :" android:id="@+id/TextView03" android:layout_width="wrap_content" android:layout_height="wrap_content" ></TextView>
20<EditText android:text="" android:id="@+id/txtLuas" android:layout_width="fill_parent" android:layout_height="wrap_content" android:editable="false"></EditText>
21</LinearLayout>
Pada aplikasi ini kita menggunankan LinearLayout dengan orientasi vertical, yang berarti setiap object yang kita gambar akan disusun secara vertical (satu object satu baris).
Perhatikan bagian ini
1<TextView
2    android:layout_width="fill_parent"
3    android:layout_height="wrap_content"
4    android:text="@string/hello"
5    />
Ini artinya TextView ini isi textnya diambil dari variable hello pada file string.xml
5. edit file string.xml
string.xml adalah sebagai pembantu dari main.xml, agar main.xml kita terlihat rapih dan tidak terlalu panjang dan memudahkan kita dalam membacanya maka kita bisa mebuat string object pada string.xml, dari main.xml tinggal panggil name nya saja.
Sekarang mari kita buka file string.xml. lalu ketikan kode dibawah ini
1<?xml version="1.0" encoding="utf-8"?>
2<resources>
3    <string name="hello">Isi Nilai Panjang dan Lebar lalu klik Hitung Luas !</string>
4    <string name="app_name">Persegi Panjang</string>
5</resources>
Coba perhatikan, disitu terlihat hello, jadi apa bila dijalankan TextView pada main.xml diatas akan menampilkan tulisan “Isi Nilai Panjang dan Lebar lalu klik Hitung Luas !”.
Pada aplikasi ini kita menggunakan 3 object untuk user interfacenya yaitu TextView, EditText dan Button.
Object Fungsi
TextView sama seperti label pada SWING, yaitu untuk menampilkan tulisan dilayar.
EditLabel sama seperti TextBox pada SWING, yaitu untuk user menginputkan data
Button Sama seperti Button pada SWING yaiu sebagai Trigger untuk menjalankan suatu Fungsi
6. Edit file HitungPersegiPanjang.java
HitungPersegiPanjang.java adalah pemain utama, yang akan djalankan pada saat applikasi dijalankan. Pada class ini, kita buat untuk dapat membaca data yang diinputkan user dalam hal ini inputan panjang dan lebar, kemudan menghitunngnya dan menampilkan hasilnya.
Sekarang Buka file HitungPersegiPanjang.java dan ketikkan kode dibawah ini
01package com.agus;
02 
03/**
04 * Class HitungPersegiPanjang
05 * @version 1.0 Oct 03, 2010
06 * @author Agus Haryanto (agus.superwriter@gmail.com)
07 * @website http://agusharyanto.net
08 */
09 
10import android.app.Activity;
11import android.os.Bundle;
12import android.view.View;
13import android.widget.Button;
14import android.widget.EditText;
15 
16public class HitungPersegiPanjang extends Activity {
17    private EditText txtPanjang;
18    private EditText txtLebar;
19    private EditText txtLuas;
20    private Button btnHitung;
21 
22    /**
23     * Method yang dipanggil pada saat applikaasi dijalankan
24     * */
25    @Override
26    public void onCreate(Bundle savedInstanceState) {
27 
28        super.onCreate(savedInstanceState);
29        setContentView(R.layout.main);
30        txtPanjang = (EditText) findViewById(R.id.txtPanjang);
31        txtLebar = (EditText) findViewById(R.id.txtLebar);
32        txtLuas = (EditText) findViewById(R.id.txtLuas);
33        btnHitung = (Button) findViewById(R.id.btnHitung);
34 
35    }
36 
37    /**
38     * Method untuk Menghitung Luas Persegi panjang dipanggil pada saat button
39     * Hitung Luas diklik
40     *
41     * @param view
42     */
43    public void hitungLuas(View view) {
44        try {
45 
46            int panjang = Integer.parseInt(txtPanjang.getText().toString());
47            int lebar = Integer.parseInt(txtLebar.getText().toString());
48            int luas = panjang * lebar;
49            txtLuas.setText(String.valueOf(luas));
50        } catch (Exception e) {
51            e.printStackTrace();
52        }
53    }
54}

Tidak ada komentar:

Posting Komentar