Aplikasi Android Sederhana – Menghitung Luas Persegi Panjang
Alhamdulillah akhirnya jadi juga aplikasi android pertama saya,
aplikasi android yang sederhana. yang fungsinya untuk menghitung luas
persegi panjang. dan saya coba buat langkah-langkahnya menjadi sebuah
tutorial.
Bagi yang ingin mengetahui cara pembuatannya, berikut langkah-langkah yang dilakukan :
1. Jalankan Eclipse (sebaiknya gunakan versi 3.5 Galileo)
2. Buat new Project, lalau Pilih Android Project

3. Isi Keterangan-keterangan Project Seperti dibawah ini

Pada saat project pertama kali dibuat ada 3 file penting yang langsung dibuat, yaitu
- main.xml
- string.xml
- HitungPersegiPanjang.java

Pada saat project pertama kali dibuat ada 3 file penting yang langsung dibuat, yaitu
- main.xml
- string.xml
- HitungPersegiPanjang.java
4. edit file
main.xml
main.xml adalah digunakan untuk menggambar
layout dan user interface di android, dengan menggunakan format bahasa xml
Pada file main.xml ketikkan script dibawah ini
01 | <? xml version = "1.0" encoding = "utf-8" ?> |
03 | android:orientation = "vertical" |
04 | android:layout_width = "fill_parent" |
05 | android:layout_height = "fill_parent" |
09 | android:layout_width = "fill_parent" |
10 | android:layout_height = "wrap_content" |
11 | android:text = "@string/hello" |
13 | < TextView android:text = "Panjang :" android:id = "@+id/TextView01" android:layout_width = "wrap_content" android:layout_height = "wrap_content" ></ TextView > |
14 | < EditText android:text = "" android:id = "@+id/txtPanjang" android:layout_width = "fill_parent" android:layout_height = "wrap_content" android:inputType = "numberSigned|numberDecimal" ></ EditText > |
16 | < TextView android:text = "Lebar :" android:id = "@+id/TextView02" android:layout_width = "wrap_content" android:layout_height = "wrap_content" ></ TextView > |
17 | < EditText android:text = "" android:id = "@+id/txtLebar" android:layout_width = "fill_parent" android:layout_height = "wrap_content" android:inputType = "numberSigned|numberDecimal" ></ EditText > |
18 | < Button android:text = "Hitung Luas" android:id = "@+id/btnHitung" android:layout_width = "fill_parent" android:layout_height = "wrap_content" android:onClick = "hitungLuas" ></ Button > |
19 | < TextView android:text = "Luas :" android:id = "@+id/TextView03" android:layout_width = "wrap_content" android:layout_height = "wrap_content" ></ TextView > |
20 | < EditText android:text = "" android:id = "@+id/txtLuas" android:layout_width = "fill_parent" android:layout_height = "wrap_content" android:editable = "false" ></ EditText > |
Pada aplikasi ini kita menggunankan
LinearLayout dengan orientasi
vertical, yang berarti setiap object yang kita gambar akan disusun secara vertical (satu object satu baris).
Perhatikan bagian ini
2 | android:layout_width = "fill_parent" |
3 | android:layout_height = "wrap_content" |
4 | android:text = "@string/hello" |
Ini artinya
TextView ini isi textnya diambil dari variable
hello pada
file string.xml
5. edit file
string.xml
string.xml adalah sebagai pembantu dari main.xml,
agar main.xml kita terlihat rapih dan tidak terlalu panjang dan
memudahkan kita dalam membacanya maka kita bisa mebuat string object
pada string.xml, dari main.xml tinggal panggil name nya saja.
Sekarang mari kita buka file string.xml. lalu ketikan kode dibawah ini
1 | <?xml version= "1.0" encoding= "utf-8" ?> |
3 | <string name= "hello" >Isi Nilai Panjang dan Lebar lalu klik Hitung Luas !</string> |
4 | <string name= "app_name" >Persegi Panjang</string> |
Coba perhatikan, disitu terlihat
hello, jadi apa
bila dijalankan TextView pada main.xml diatas akan menampilkan tulisan
“Isi Nilai Panjang dan Lebar lalu klik Hitung Luas !”.
Pada aplikasi ini kita menggunakan 3 object untuk user interfacenya yaitu TextView, EditText dan Button.
Object |
Fungsi |
TextView |
sama seperti label pada SWING, yaitu untuk menampilkan tulisan dilayar. |
EditLabel |
sama seperti TextBox pada SWING, yaitu untuk user menginputkan data |
Button |
Sama seperti Button pada SWING yaiu sebagai Trigger untuk menjalankan suatu Fungsi |
6. Edit file
HitungPersegiPanjang.java
HitungPersegiPanjang.java adalah pemain utama, yang akan djalankan
pada saat applikasi dijalankan. Pada class ini, kita buat untuk dapat
membaca data yang diinputkan user dalam hal ini inputan panjang dan
lebar, kemudan menghitunngnya dan menampilkan hasilnya.
Sekarang Buka file
HitungPersegiPanjang.java dan ketikkan kode dibawah ini
04 | * Class HitungPersegiPanjang |
05 | * @version 1.0 Oct 03, 2010 |
06 | * @author Agus Haryanto (agus.superwriter@gmail.com) |
10 | import android.app.Activity; |
11 | import android.os.Bundle; |
12 | import android.view.View; |
13 | import android.widget.Button; |
14 | import android.widget.EditText; |
16 | public class HitungPersegiPanjang extends Activity { |
17 | private EditText txtPanjang; |
18 | private EditText txtLebar; |
19 | private EditText txtLuas; |
20 | private Button btnHitung; |
23 | * Method yang dipanggil pada saat applikaasi dijalankan |
26 | public void onCreate(Bundle savedInstanceState) { |
28 | super .onCreate(savedInstanceState); |
29 | setContentView(R.layout.main); |
30 | txtPanjang = (EditText) findViewById(R.id.txtPanjang); |
31 | txtLebar = (EditText) findViewById(R.id.txtLebar); |
32 | txtLuas = (EditText) findViewById(R.id.txtLuas); |
33 | btnHitung = (Button) findViewById(R.id.btnHitung); |
38 | * Method untuk Menghitung Luas Persegi panjang dipanggil pada saat button |
43 | public void hitungLuas(View view) { |
46 | int panjang = Integer.parseInt(txtPanjang.getText().toString()); |
47 | int lebar = Integer.parseInt(txtLebar.getText().toString()); |
48 | int luas = panjang * lebar; |
49 | txtLuas.setText(String.valueOf(luas)); |
50 | } catch (Exception e) { |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar